• Langkah-Langkah yang Terdapat di DalamDesain input secara umum
  • Desain output secara umum
  • Desain database secara umum
  • Desain teknologi secara umum

  • Langkah desain input secara umum

    Alat dari input dapat digolongkan kedalam golongan yaitu alat input langsung dan alat input tidak langsung. Proses dari input dapat melibatkan dua atau tiga tahapan utama, yaitu data capture (penangkapan data), data preparation (penyiapan data), dan data entry (pemasukan data). Ada dua tipe input yaitu input internal dan eksternal.

    Langkah-langkah desain input secara umum yaitu :

    • Menentukan kebutuhan input dari sistem informasi.
    • Menentukan parameter dari desain input tsb.

    Contoh Desain Input secara Umum, yaitu:

    Data Induk Pegawai

    • Nomor Induk Pegawai: 151511008
    • Nama Pegawai            : Ade Laelissiyamah
    • Alamat                        : Juntinyuat, Indramayu
    • Tempat Lahir              : Indramayu
    • Tanggal Lahir             : 12 Februari 1996
    • Pendidikan                  : S1 – Teknik Informatika
    Langkah desain output secara umum

    Output (keluaran) adalah produk dari sistem informasi yang dapat dilihat. Output dapat berupa hasil dari media keras (seperti misalnya kertas, microfilm) atau hasil di media lunak (berupa tampilan di layar video). Tipe output yaitu output intern yaitu output yang dimaksudkan untuk mendukung kegiatan manajemen. Dan output ekstern adalah output yang didistribusikan kepada pihak luar yang membutuhkannya.

    Bentuk atau format dari output dapat berupa keterangan-keterangan (narrative), tabel atau grafik. Yang paling banyak dihasilkan adalah output yang berbentuk tabel.

    Langkah-langkah desain output secara umum yaitu:

    • Menentukan kebutuhan output dari sistem informasi.
    • Menentukan parameter dari desain output tsb.

    Contoh Desain Output secara Umum, yaitu:

    Data Pegawai:

    NIP

    Nama

    Alamat

    Tempat lahir

    Tanggal lahir

    Pendidikan

    151511008

    Ade Laelissiyamah

    Juntinyuat, Indramayu

    Indramayu

    12 Feb 1996

    S1–Teknik Informatika


    Langkah desain database secara umum

    Database dibentuk dari kumpulan file. Sedangkan file dibentuk dari kumpulan Record. Dan record dibentuk dari kumpulan field. Sedangkan field merupakan kumpulan dari  item data. Item data dapat berupa huruf, angka atau simbol – simbol khusus.

    Langkah-langkah desain database secara umum yaitu:

    • Menentukan kebutuhan file dari sistem informasi.
    • Menentukan parameter dari desain database tsb. : Type File, Organisasi File & key field dari file tsb. Parameter tersebut, meliputi:
      • Tipe dari file : file induk, file transaksi, file sementara (temporary).
      • Media dari file : hardisk, disket, pita magnetik, CD.
      • Organisasi dari file :  fila sequential, random, berindeks.
      • Field kunci dari file.
    Langkah desain teknologi secara umum

    Teknologi dapat digunakan untuk menerima input, menjalanakan model, menyimpan dan untuk mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian daripada sistem secara keseluruhan.

    Untuk tahap desain teknologi secara umum, langkah pertama perlu dilakukan oleh analis adalah mengidentifikasi jenis dari teknologi yang dibutuhkan, baik yang berkaitan dengan penggunaan hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware yaitu personil yang sudah terlibat dengan sistem informasi. Kemudian langkah kedua adalah menentukan jumlah yang akan dibutuhkan dalam penggunaan hardware maupun software untuk sistem informasi tsb.

    Teknologi terdiri atas 3 bagian utama, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan teknisi (humanware atau brainware). Teknisi yang mengetahui teknologi dan membuatnya dapat beroperasi.

    Kebutuhan teknologi perangkat keras (hardware) komputer terdiri atas:

    1. Alat masukan (media input), adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data, bisa berupa keyboard, scanner, mouse, barcode, dll.
    2. Alat pemroses (media proses), CPU atau prosessor ini merupakan komponen pemrosesan logika dan aritmatika serta mengendalikan komputer. Kecepatan pemrosesan ditentukan oleh kecepatan clock dari control unitnya. Perhitungannya dalam satuan hertz, semakin besar nilainya semakin cepat clocknya. Contoh Intel Core i7 2.93 Ghz artinya kecepatan clock dari control unitnya adalah2.93Ghz.
    3. Alat keluaran (media output), adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil dari pemrosesan data, bisa berupa monitor, printer, speaker dll.
    4. Simpanan luar (media simpan), media ini berfungsi untuk menyimpan data secara permanen yang nantinya bisa dibaca kembali, bisa berupa harddisk, flashdisk, CD, DVD dan yang sudah mulai ditinggalkan adalah disket. Satuan kapasitasnya adalah bit atau byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh Harddisk 160GB artinya kapasitas penyimpanan harddisk tersebut adalah160Gigabyte.

    Ada beberapa komponen tambahan yang berfungsi untuk menambah performansi dari komputer itu sendiri, seperti LANcard, Wifi untuk perangkat networking dengan satuan bitpersecond (bps), videocard untuk menghasilkan output gambar ke monitor dengan satuan byte.

    Kebutuhan teknologi perangkat lunak (software) komputer dapat dikategorikan kedalam tiga bagian yaitu:

    1. Perangkat lunak sistem operasi, merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.
    2. Perangkat lunak bahasa pemrograman, merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.
    3. Perangkat lunak  paket aplikasi, perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). 
    Contoh Desain Teknologi berbasis web dalam Sistem Informasi Akademik UMC:

    • Kebutuhan teknologi perangkat keras (hardware) komputer terdiri atas:

      1. Alat masukan (media input), adalah keyboard, mouse
      2. Alat pemroses (media proses), adalah CPU, Contoh Intel quad core processor N2920 (2M Cache, 2.0 Ghz) artinya kecepatan dari control unitnya adalah 2.0 Ghz.
      3. Alat keluaran (media output), adalah printer, monitor, speaker
      4. Simpanan luar (media simpan), adalah harddisk, flashdisk, DVD/CD-ROM drivers, disk drivers. Contoh Harddisk 199 GB artinya kapasitas penyimpanan harddisk tersebut adalah 199 Gigabyte.

    • Kebutuhan teknologi perangkat lunak (software) komputer dapat dikategorikan kedalam tiga bagian yaitu:

      1. Perangkat lunak sistem operasi, adalah Windows 8
      2. Perangkat lunak bahasa pemrograman, adalah JAVA
      3. Perangkat lunak  paket aplikasi, adalah SIMAKU ONLINE UMC